Jumat, 22 Februari 2019

Cara mengukur potensiometer menggunakan multitester

Hallo teman setia Alfin kurniawan kali ini saya akan memberikan pembelajaran bagaimanakah cara mengetahui atau mengukur nilai potensiometer.

Potensiometer
Gambar 1: potensiometer


Nah bagi kalian yang sudah paham elektronik, pasti sudah tau apa itu potensiometer, tetapi apakah kalian sudah mengetahui bagaimanakah cara mengukur nilai potensiometer tersebut???..
Kita bisa mengukur nilai resistansi dari sebuah potensiometer dengan memakai alat ukur yaitu multimeter atau multitester, entah itu multimeter digital ataupun multimeter analog. Suatu alat ini atau kita sebut dengan multimeter  merupakan alat ukur yang terdiri dari gabungan pengukuran Arus Listrik (Ampere), Tegangan Listrik (Volt) serta Resistansi atau Hambatan (Ohm). Untuk mengukur Potensiometer yang merupakan komponen resistor, tentunya potensiometer diukur dengan fungsi Ohm (Resistansi) yang ada pada multimeter. Dalam pengukuran, Anda bisa mengetahui nilai maksimum resistansi pada sebuah Potensiometer serta mengetahui perubahan nilai resistansi potensiometer ketika memutar tuas pengaturnya (shaft).

Berikut cara pengukurannya:

Berikut ini merupakan cara untuk mengukur nilai resistansi potensiometer menggunakan multimeter digital :

Untuk mengetahui nilai resistansi maksimum potensiometer perhatikan cara-cara berikut ini!!!...

Untuk mengukur Perubahan Nilai Resistansi Potensiometer
Aturlah posisi Saklar Multimeter pada posisi Ohm (Ω)
Hubungkan Probe Multimeter pada kaki Terminal yang pertama (1) dan Terminal kedua (2).
Putarlah Shaft atau Tuas pada Potensiometer searah jarum jam,
Perhatikan Nilai Resistansi pada Display Multimeter, Nilai Resistansi and naik seiring dengan pergerakan Shaft  (Tuas) Potensiometer tersebut. Sebaliknya, Jika Shaft (Tuas) Potensiometer diputar berlawanan arah jarum jam, Nilai Resistansi akan menurun seiring dengan pergerakan Shaft (Tuas) Potensiometer tersebut.
Pindahkan Probe Multimeter dari kaki Terminal pertama (1) ke Terminal ketiga (3). Jadi, sekarang kaki Terminal Potensiometer yang diukur adalah Terminal 2 dan Terminal 3.
Putarlah Shaft (Tuas) Potensiometer searah jarum jam,
Perhatikan Nilai Resistansi Potensiometer pada Display Multimeter, Nilai Resistansi akan menurun seiring dengan pergerakan Shaft (Tuas) Potensiometer tersebut. Sebaliknya, Jika Shaft (tuas) Potensiometer diputar berlawanan arah jarum jam,  Nilai Resistansi akan naik seiring dengan pergerakan Shaft (Tuas) Potensiometer tersebut...

Sekian pembelajaran dari saya yang dapat saya berikan, jika ad salah penulisan mohon di maafkan, sekian trima kasih...

#allonov

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kata-Kata Motivasi semangat 2019

Selamat pagi , siang, atau malam buat kalian yg ingin mencari kata" motivasi... Anda juga bisa mengklik link di bawah yg terhubung ke ...